Jangan Makan ini Jika tak Ingin Dada Sebelah Kiri Sakit

Saat tidur, apa Anda merasa dada sebelah kiri sakit? Jangan takut. Nyeri pada bagian dada tidak selalu jadi tanda penyakit jantung yang berbahaya. Rasa sakit ini jadi pengingat agar Anda  menjaga pola makan dan tidak jajan sembarangan. Jajan memang nikmat, tapi mengandung lemak dan MSG tinggi. Ini daftar makanan terlarang jika ingin terhindar dari nyeri dada.

Makanan Bersantan

Apa Anda suka makan opor ayam dengan kuah santan kental? Opor dan masakan kuah santan memang gurih, apalagi jika dihidangkan di saat istimewa seperti hari Lebaran. Sayangnya, santan mengandung kalori tinggi. Penumpukan kalori bisa bikin pembuluh darah tersumbat dan dada jadi sakit. Gantilah masakan bersantan dengan sayur berkuah bening seperti bayam.

Hindari juga penggunaan santan dalam camilan dan minuman, seperti kue nagasari dan es teler. Kedua jenis hidangan itu memang nikmat, tapi kandungan santannya membuat Anda tak boleh memakannya sering-sering. Batasilah konsumsinya menjadi hanya sekali dalam sebulan. Kue nagasari memang praktis untuk sarapan tapi gizinya tak seimbang dan terlalu banyak lemak.

Gorengan

Gorengan adalah ‘musuh’ jika Anda ingin menerapkan pola makan sehat untuk menghindari nyeri dada. Apalagi jika gorengan itu dibeli di warung. Pernahkah Anda melihat minyaknya yang hitam? Penggunaan minyak yang berkali-kali menjadikan tempe goreng yang Anda beli jadi tidak sehat. Gorengan juga berkolesterol tinggi dan menyebabkan sumbatan pada aliran darah.

Sambal dan Makanan Pedas Lain

Sambal bajak dan rendang memang menggugah selera, apalagi dimakan dengan nasi hangat. Lezatnya daging dan harumnya aroma rempah pada rendang membuat Anda kadang lupa diri. Anda boleh saja makan lauk pedas, tapi batasi konsumsinya. Makanan pedas bisa menyebabkan mag dan nyerinya bisa menjalar sampai dada dan jadi penyebab dada sebelah kiri sakit.

Makanan yang Asam

Apa Anda suka makan asinan buah yang asam pedas atau permen asam? Makanan asam memang segar saat dikonsumsi di siang hari dan bisa menambah selera makan. Jangan terlalu sering makan makanan asam karena bisa menyebabkan nyeri di lambung dan jika parah, sakitnya bisa mendesak ke dada.

Jajanan Ber-MSG

Saat bosan menunggu, biasanya suka buka sebungkus makaroni pedas dan menghabiskannya seketika. Makaroni itu enak karena mengandung MSG, padahal jika terlalu banyak dikonsumsi akan berakibat buruk. Anda akan sering pusing dan merasa nyeri di bagian dada karena terlalu banyak makan jajan camilan yang berlemak, pedas, dan ber-MSG.

Mengubah pola makan jadi lebih sehat memang sulit pada awalnya. Anda harus mengurangi konsumsi gorengan, sayur bersantan, es teler, dan juga sambal. Jika dada sebelah kiri sakit, mau tak mau Anda harus mengurangi jajan. Masaklah sayur bening di rumah karena bisa tanpa MSG. Anda akan merasa tubuh jadi sehat dan terhindar dari nyeri di bagian dada.