Ini Dia 10 Jajanan Enak di Bandung Dengan Harga Terjangkau

Selain dikenal sebagai kota industri kreatif dan kota mode, kuliner Bandung juga terkenal enak-enak. Bahkan hingga memiliki tempat tersendiri di hati mereka pecinta kuliner. Sebut saja seblak, cireng, mie yamin, hingga brownies. Semua makanan dari Bandung ini sukses membius lidah siapapun yang mencicipinya.

Jika kamu kebetulan sedang berlibur di Bandung, maka momen ini menjadi saat yang tepat untuk melakukan petualangan wisata kuliner Bandung.

Berikut adalah daftar wisata kuliner Bandung mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang saat ini sedang hits.

1. Batagor Hanjuang

Bandung adalah kotanya jajanan. Dan salah satu jajanan kuliner Bandung yang paling terkenal adalah batagor. Ada banyak pilihan batagor Bandung yang bisa kamu coba. Termasuk batagor Hanjuang yang terletak di Jalan Astina, Cicendo. Seporsi batagor Hanjuang dibandrol dengan harga Rp 10.000 saja.

2. Cuanki Serayu

Cuanki merupakan jajanan sejenis bakso namun menggunakan kuah dari ikan. Cuanki yang paling banyak direkomendasikan di Bandung adalah Cuanki Serayu yang ada di Jalan Serayu No. 2, Cihapit. Seporsinya hanya Rp 15.000 saja.

3. Seblak Oces

Selain batagor, cuanki, atau cilok, kuliner Bandung yang khas lainnya adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Kamu bisa mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur. Ada 2 jenis seblak di sini yaitu seblak basah dan seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 12.000 tergantung dengan pilihan topping.

4. Nasi Bistik Astana Anyar

Kamu bosan dengan jajanan ringan dan ingin makan berat? Mampirlah ke Jalan Astana Anyar untuk mencoba nasi bistik Astana Anyar yang terkenal itu. Nasi bistik di sini merupakan nasi goreng yang diberi topping berupa daging ayam goreng tanpa tulang dengan kentang goreng, wortel, buncis, dan disiram saus BBQ. Makanan sebanyak ini bisa kamu tebus hanya dengan Rp 19.000 saja.

5. Seafood kiloan Bang Bopak

Makan seafood tak harus mahal lho. Buktikan saja dengan makan seafood kiloan Bang Bopak yang ada di Jalan Brigjen Katamso No. 33, Cibeunying Kaler. Harga makanan di sini dijual mulai dari Rp 25.000 per 100 gramnya dengan beragam pilihan seafood dan sausnya.

Kuliner malam Bandung

Wisata kuliner di malam hari selalu menarik untuk dilakukan. Dan Bandung menyajikan beragam pilihan kuliner malam. Berikut adalah beberapa contohnya.

6. Nasi Kalong

Pernahkah kamu mendengar menu nasi Kalong? Well, makanan ini terbuat dari beras merah yang kemudian dimasak dengan kluwek dan rempah sehingga menghasilkan nasi yang gurih dan enak meskipun dimakan tanpa menggunakan lauk. Jika kamu penasaran, datang saja ke Jalan RE Martadinata, Bandung.

7. Gulai Kambing Harris

Di tengah sejuknya udara Bandung pada malam hari, tentu sangatlah nikmat untuk makan gulai kambing. Dan Gulai Kambing bisa kamu jadikan pilihan. Dagingnya yang empuk dicampur dengan rasa kuahnya yang gurih tentu bisa kamu jadikan pilihan menu santap malam. Jika kamu tertarik, mampir saja ke Jalan Asia Afrika Bandung yang terkenal itu.

8. The Stone Cafe

Kuliner malam di Bandung tentu tak lengkap tanpa bertandang ke kafe yang menyajikan pemandangan city lights. Dan kamu bisa berkunjung ke The Stone Cafe yang ada di daerah Dago Atas. Tak hanya menyajikan pemandangan yang memanjakan mata, makanan di sini juga tak kalah nikmatnya.

9. Kedai Madtari

Nama Kedai Madtari tentu tak asing lagi bagi muda-mudi Bandung. Di tempat ini disajikan beragam jajanan khas kuliner malam seperti pisang bakar, roti bakar, hingga indomie. Dan bagi kamu yang pecinta keju, tentu kamu akan doyan memesan roti bakar di sini sebab topping kejunya begitu melimpah.

10. Wiki Koffie

Ingin bersantai menyesap secangkir kopi hangat di restoran dengan desain seperti bangunan Belanda? Datang saja ke Wiki Coffee yang terletak di kawasan Braga yang tersohor itu. Jangan lupa untuk memesan egg waffle yang jadi favorit di sini.